Headlines News :
Home » » Inilah Rahasia membuat Butter

Inilah Rahasia membuat Butter

Written By Ryan Kalamates on Wednesday, March 20, 2013 | 11:50 AM


Proses Membuat Butter

Oleh : Fidelia
Butter
Foto : ist
Ghiboo.com - Pada umumnya butter (mentega) dibagi menjadi 3 jenis,  yaitu mentega  tawar (unsalted), mentega asin (salted) dan mentega asalm lactic.

Butter terdiri dari 70 persen dari asam lemak, yaitu asam oleat yang tersisa, linoelic, dan linolenat, dan asam lemak  kecil. Air merupakan  komponen utama  berikutnya dari butter, diikuti dengan protein dan lactosa.

Proses pembuatan butter sendiri seperti berikut ini:

1. Mentega dibuat dari susu segar yang dipisahkan  secara mekanis (Churning)  sehingga terkonsentrasi 99,9 persen lemak susu,  dan dipanaskan  pada suhu sekitar 45 derajat celcius.

2. Mentega kemudian bekerja  untuk membentuk tekstur yang seragam, selanjutnya ditambahkan air untuk standarisasi kadar air, jika membentuk salted butter maka garam  ditambahkan  pada proses ini.

Jika  membuat lactic butter maka  komposisi asam lactic akan  ditingkatkan sehingga aroma khas lactic butter lebih tinggi dibandingkan Unsalted dan Salted butter.

3. Campuran krim yang sudah diolah secara mekanis kemudian  didinginkan sehingga  lemak tersebut mengristal dan dipadatkan dan dicetak dalam bentuk blok.

4. Untuk proses pembuatan mentega lapis (Butter Sheet) untuk bahan baku lemak untuk membuat croissant, danish dan puff pastry. Setelah dipadatkan lalu potong menjadi lembaran-lembaran mentega.


http://food.ghiboo.com/proses-membuat-butter ​
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Peacock Bistro - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger